by

ISESS ke Kapolri, Bambang Rukminto: Peran Polri Sangat Signifikan Pulihkan Ekonomi Ditengah Pandemi

-Nasional-2,728 views

JAKARTA – Pengamat kepolisian dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Bambang Rukminto berharap Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo agar memback up pemerintah yang saat ini membutuhkan dukungan seluruh elemen bangsa untuk memulihkan ekonomi yang terdampak pandemi Covid-19.

Salah satunya, dukungan dari Kepolisian dalam menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Menciptakan stabilitas Kamtibmas memang tupoksi dari Polri. Pemerintah tentunya memerlukan dukungan maksimal untuk pemulihan ekonomi dari semua pihak. Di sini peran Polri tentunya sangat signifikan,” kata Bambang, hari ini.

Kendati demikian, Bambang berpesan agar implementasi dari peran Polri untuk menciptakan stabilitas kamtibmas perlu dikawal.

“Agar tidak keluar dari tupoksi Polri sendiri,” ucapnya lagi.

Di sisi lain, Bambang menilai kegaduhan yang kerap muncul bukan menjadi persoalan utama kepolisian jika penegakan hukum dilakukan secara konsisten, transparan dan akuntabel. Menurutnya, kegaduhan yang bersumber dari pihak yang berseberangan dengan pemerintah beberapa minggu terakhir relatif mereda.

Sebaliknya, kegaduhan justru muncul dari pihak yang merasa menjadi bagian dari barisan pemerintah. Untuk itu, Bambang meminta kepolisian di bawah kepemimpinan Jenderal Sigit untuk profesional menegakkan hukum tanpa pandang bulu.

“Maka penting sekali kepolisian untuk konsisten juga menertibkan pihak yang merasa di barisan pemerintah untuk juga tidak membuat kegaduhan-kegaduhan,” pungkas Bambang.

Comment

News Feed