Makassar – Capres dari PDIP, Ganjar Pranowo memuji akademisi sekaligus pengamat politik, Rocky Gerung ketika berbicara terkait munculnya oligarki politik. Hal ini disampaikannya dalam acara bertajuk Diskusi Interaktif Capres 2024 di Universitas Negeri Makassar (UNM), Makassar, Sabtu (18/11/2023). Selain Ganjar, acara ini pun juga dihadiri oleh Rocky Gerung dan politisi, Akbar Faisal.

Awalnya, Ganjar membicarakan terkait munculnya oligarki politik di Tanah Air. Menurutnya, oligarki politik membuat para pejabat publik tidak mau dikritik oleh masyarakat.

“Ini permasalahan yang hari ini muncul, oligarki politik. Sulit mengirim kritik dan saran. Orang tidak mau dikritik,” tuturnya dikutip dari YouTube Kompas TV.

Kemudian, Ganjar pun mencontohkan sosok Rocky Gerung yang gemar mengkritik pemerintah termasuk dirinya.

Ketika dikritik Rocky, mantan Gubernur Jawa Tengah itu mengaku biasa saja menghadapinya.

“Atau kritiknya versi Bung Rocky yang kemudian menggelegar terus dan ada orang yang sampai baper,” katanya.

“Buat saya biasa saja. Saya pernah dikritik beliau, saya tulis,” sambung Ganjar

Lantas, Ganjar pun memuji Rocky sebagai kritikus politik terbaik di Indonesia saat ini.

“Menurut saya, Bung Rocky adalah kritikus politik terbaik abad ini di Indonesia. Karena apa? Ya, begitulah caranya Rocky,” puji Ganjar yang disambut tepuk tangan peserta diskusi.

Tak hanya Rocky, Ganjar pun berharap kepada elite parpol atau pejabat politik untuk tidak baper ketika dikritik siapapun.

“Ini menurut saya asik-asik aja. Nggak perlu baperan,” ujarnya sambil tertawa.

Rocky memang dikenal sebagai kritikus politik yang dikenal pedas saat menyampaikan kritiknya.

Bahkan, kritikannya tersebut sempat berujung pelaporan ketika dia mengkritik Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dianggap olehnya menghampiri berbagai koalisi parpol.

Bareskrim Polri pun mengungkapkan telah menerima 26 laporan polisi terkait dugaan kritik Rocky yang dianggap mengandung unsur penghinaan kepada Presiden Jokowi.

Kemudian sidang pun sudah mulai berjalan terkait perkara ini. Di sisi lain, Rocky pun baru saja mengkritik Ganjar saat yang bersangkutan menghadiri forum internasional.

Rocky mengkritik ketika Ganjar dianggap olehnya gagal menjawab pertanyaan dari duta besar Jepang dalam forum tersebut.

“Ini gila, mereka ini membicarakan malam-malam. Ganjar nggak bisa menjawab satu poin substansial sekalipun,” katanya dalam kanal YouTube-nya, Rocky Gerung Official, Jumat (17/11/2023).

Berkaca dari Ganjar, Rocky menilai sebagai pemimpin harusnya tidak pandai berbicara saja tetapi juga wajib memiliki wawasan dan memahami isu global yang sedang berkembang.

“Dari hal ini membuktikan bahwa kita kehilangan role model, dan bagi mereka role model tidak hanya di kampus saja melainkan di tempat lainnya,” tuturnya.

Temukan juga kami di Google News.