by

DKI Jakarta Mensyaratkan Pelaksanaan Pilgub DKI Jakarta 2022

-Headline, Polhukam-42,746 views

JAKARTA – Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 tentang Pemerintahan Daerah Khusus Ibukota Jakarta Sebagai Ibukota Negara Kesatuan Republik Indonesia telah menetapkan otonomi dan kekhususan Jakarta sehingga memiliki tata Kelola pemerintahan yang berbeda dengan wilayah-wilayah pemerintahan lainnya di Indonesia. Perlu diingat kembali, kekhususan tersebut terkait peran Jakarta sebagai Ibukota Negara, di mana Pemerintahan di seluruh Indonesia berpusat, semua lembaga tinggi negara, bahkan termasuk tempat kedudukan perwakilan negara dan tembaga asing. Secara de facto, Jakarta juga adalah pusat ekonomi Indonesia. Karena itu kekhususan bukan persoalan konstitusional saja, tetapi juga persoalan praktik nyata berbagai sendi kehidupan Indonesia.

Kekhususan DKI Jakarta dalam UU 29/2007 jelas juga menyebabkan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berbeda dengan wilayah lain. Regulasi tersebut mensyaratkan bahwa Pemerintahannya harus minimal dihasilkan oleh pemilihan langsung yang didukung lebih dari 50% suara. Ini untuk menjaga legitimasi dan kestabilan pemerintahan yang mengendalikan Ibukota Negara.

Karena kekhususan-kekhususan yang kami sebut di atas, ormas ABDI RAKYAT sebagai bagian dari warga DKI Jakarta menolak Pilgub DKI Jakarta masuk ke dalam pilkada serentak pada tahun 2024.
Kami menolak ditiadakannya Pemilihan Gubernur 2022.

1. Dengan ditiadakannya Pilgub 2022, warga DKI dicabut haknya untuk mendapatkan kepemimpinan strategis yang terpilih secara demokratis. Warga DKI hanya akan mendapatkan kepemimpinan teknokratis, yang ditunjuk oleh Pemerintah Pusat dan berlangsung selama dua sampai 3 tahun sampai selesai proses Pemilu 2024. Artinya, Jakarta dan warganya akan kehilangan momentum perencanaan dan pelaksanaan pembangunan selama 4 tahun.

2. Keputusan-keputusan seorang Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta jelas akan terbatas administrasi dan tidak dapat menjawab berbagai persoalan mendasar yang dihadapi oleh warga DKI Jakarta. Perubahan-perubahan selalu berlangsung cepat di Jakarta karena perannya sebagai Ibukota Negara dan pusat ekonomi Indonesia. Karena itu, waktu Plt Gubernur yang cukup panjang akan membuat masalah-masalah baru Jakarta bertumpuk yang akan berpengaruh pada kesejahteraan Rakyat.

3. Karena itu, diitiadakannya Pilgub 2022 dan Plt Gubernur hingga selesai proses Pemilu 2024 bermakna pencabutan demokrasi untuk DKI Jakarta selama 3-4 tahun. Tuntutan-tuntutan baru warga, yang merupakan bagian dinamika DKI Jakarta dan yang selama ini membuat kota ini berkembang pesat hanya akan menjadi obrolan di DPRD DKI Jakarta dan arsip Plt Gubernur. Singkatnya, pengebirian demokrasi warga.

“Atas alasan-alasan di atas, kami mendesak kepada para anggota DPR-RI dan DPD-RI untuk merevisi UU Pilkada untuk memastikan penyelenggaraan Pilgub DKI Jakarta,” ujar Mohamad Huda, Ketua Umum ABDI RAKYAT.

Huda melanjutkan, “Jangan sampai karena persoalan deal-deal dan lobby-lobby politik partai politik mengabaikan hak demokrasi warga Jakarta.” ABDI RAKYAT mensinyalir ada kekuatan besar ada yang menghendaki Pilgub DKI Jakarta untuk diundur, untuk menzalimi Anies Baswedan. “Kami lihat Pemerintah Pusat inkonsisten terkait gelaran Pilkada.” Jika pada Pilkada 2020 sampai keluar Perpu untuk melancarkan pilkada, pada kasus Pilkada 2022 pemerintah bersembunyi di balik isu pemulihan pasca pandemi dan stabilitas politik.

Huda mengingatkan, Putusan Mahkamah Konstitusi No 55/PUU-XVII/2019 Tentang Tafsir Terhadap Keserentakan Penyelenggaraan Pemilu Nasional dan Pilkada memberikan pemahaman bahwa pemilu nasional tidak harus bersamaan dengan pilkada.

Huda mengharapkan partai-partai dan para anggota legislatif secara amanah betul-betul mewakili kepentingan demokratis rakyat Jakarta. ABDI RAKYAT meyakini keamanahan para wakil rakyat akan mendukung dan mendorong legislative review yang nantinya akan mengubah UU Pilkada dan UU Pemilu (terkait keserentakan dengan Pilkada), dan mengembalikan kekhususan DKI Jakarta dengan diselenggarakannya Pilgub DKI Jakarta pada tahun 2022.

Comment

News Feed