by

Wow!! Amien Rais Dukung Jokowi Tuntaskan Pimpin Indonesia 4 Tahun Lagi

-Berita-3,630 views

Jakarta – Mantan Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengeluarkan rekomendasi terkait dengan kondisi kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Dalam agenda pembacaan risalah tersebut, Amien Rais menyatakan mendukung Presiden Joko Widodo dalam memimpin Indonesia hingga akhir masa jabatan di periode kedua.

Namun ia meminta dengan catatan agar arah pembangunan yang digalakkan pemerintah pusat harus berdasarkan pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD).

“Banting stir kebijakan nasional pada pembangunan nasional di segala bidang seusuai dengan UUD dan Pancasila, sesuai dengan arah perjuangan founding fathers dan founding mothers,” kata Amien Rais dalam pembacaan risalahnya tentang Pilihan buat Pak Jokowi : Mundur atau Terus, di Resto Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (13/8/2020).

Kemudian, mantan Ketua MPR RI era orde baru itu juga meminta agar Presiden Joko Widodo membersihkan lingkungan pemerintahan pusat dari orang-orang yang justru menghambat pembangunan berbasis kepentingan rakyat secara real, bukan hanya kepentingan para pemilik modal dan oligarki semata.

Dan bagi Amien Rais, sisa 4 tahun kepemimpinan ke depan ini seharusnya cukup bisa dimanfaatkan oleh Presiden Joko Widodo untuk membuktikan bahwa kepemimpinan Kabinet Indonesia Maju patut diapresiasi.

“Tantangan pak Jokowi adalah keberanian seperti keberanian Bung Karno, Bung Hatta, Bung Syahrir dan sebagainya. Masih ada 4 tahun untuk membersihkan Istana dari elemen-elemen oligarki dan mafia,” ujarnya.

Selain itu, Amien Rais yang juga besan dari Zulkifli Hasan itu juga meminta kepada Presiden Joko Widodo agar mempertimbangkan untuk merombak besar-besaran jajaran Kabinet Indonesia Maju.

“Menteri yang tidak kompeten segera diganti dengan yang sangat kompeten dan mumpuni. Saya rasa lebih dari separuh jajaran Menteri itu perlu direshuffle,” tandasnya.

Amien Rais merasa bahwa masyarakat Indonesia tetap harus memberikan dukungan dan keyakinan diri bahwa Presiden Joko Widodo mampu amanah dan menjalankan pemerintahannya secara baik dan benar.

“Tapi kan kita harus husnudzon (berprasangka baik) juga,” ucapnya.

Namun demikian, tantangan besar yang dikatakan Amien Rais adalah, apakah Presiden Joko Widodo memiliki kekuatan cukup atau tidak soal menertibkan para mafia dan oligarki di lingkaran kekuasaan pemerintah saat ini.

“Tapi pak Jokowi harus berusaha total bagaimana menjinakkan kekuatan dan kebangkitan mafia,” sambungnya.

Terakhir, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu pun meminta kepada Presiden Joko Widodo agar tidak ada upaya untuk memecah masyarakat lintas segmen, baik segmen nasionalis maupun religius. Karena ketika kedua belah pihak saling berseberangan dan saling unjuk kekuatan masing-masing, justru bangsa akan terpecah-belah.

“Pak Jokowi, Anda masih punya kartu kuat untuk berikan terobosan yang radikal. Rumusnya, jangan teruskan proses pembelahan bangsa, hentikan politik buat kelompok nasionalis dan agamis jadi saling unjuk kekuatan,” pungkasnya.

Comment

News Feed