by

Copot 2 Pamennya yang Viral di Ruang Publik, Ketegasan Kapolri Diapresiasi

-Headline-1,062 views

Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian telah melakukan langkah tegas dengan mencopot AKBP Y, yang telah pelaku tindak kekerasan terhadap seorang ibu yang mencuri di tokonya di Pangkal Pinang, Bangka Belitung. Dan juga Kapolres Ketapang AKBP Sunario yang ikutan dicopot dari jabatannya.

Hal ini menyusul viralnya informasi mengenai plakat kantor polisi bersama RI-China di Ketapang, Kalimantan Barat. Langkah berani Jenderal Tito itu pun menuai pujian.

“Langkah Kapolri Jenderal Tito Karnavian ini perlu mendapat apresiasi atas ketegasannya mencopot dua perwira menengah yang sekarang sedang viral di publik tanah air,” tegas Ketua Presidium Jaringan Aktivis Reformasi Indonesia (JARI 98) Willy Prakarsa, hari ini.

Menurut Willy, insiden ini sekaligus sebagai peringatan pada anggota Polri lainnya agar lebih meningkatkan profesionalisme dalam melaksanakan tugas-tugasnya.

“Jaga emosi dilapangan dan pintar menjaga dan membaca situasi terkini,” ujarnya.

“Kami ingatkan kepada insan Polri agar tidak mengulangi lagi kesalahan yang sama. Pak Tito telah sukses melaksanakan amanah untuk memberikan teguran keras kepada anak buahnya,” jelasnya.

Dikatakan Willy, mutasi atau pencopotan jabatan ini adalah bukti Jenderal Tito tidak pandang bulu. Dan Tito pastinya maraj besar melihat perilaku negatif dua pejabat yang kini menjadi buah bibir masyarakat.

“Tanpa ada kompromi, tanpa menunggu waktu lama Jenderal Tito langsung mengeksekusinya,” kata dia lagi.

Lebih jauh, Willy berpesan kepada Polisi yang bertugas di tanah air ini bisa menjadikan pelajaran yang sangat berharga terutama pada mereka yang mengalami mutasi / dicopot jabatannya. Sementara itu, pada pejabat yang menggantikannya, agar belajar dari pengalaman pendahulunya sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama.

“Pembersihan tanpa ada di diskriminasi, sehingga citra Polri bisa menjadi baik dan keberadaan institusi ini semakin dicintai masyarakat,” pungkasnya.

Comment

News Feed