by

GPJ Dukung Polisi Berantas Hoax !! Saya Indonesia, Saya Anti Hoax !!

-Polhukam-1,058 views

Jakarta – Gerakan Pemuda Jakarta (GPJ) mendukung penuh Kepolisian Republik Indonesia untuk menangkap pelaku hoax dan memproses secara hukum yang berlaku.

“Kita sebagai anak bangsa harus bersatu dalam barisan untuk katakan tidak pada Hoax,” tegas Panglima GPJ Ade Selon, dalam pesan rilisnya hari ini.

Menurut dia, hoax bisa timbul perpecahan sesama anak bangsa, makanya dia mengingatkan kepada masyarakat untuk cerdas menganalisa suatu kabar yang belum tentu jelas dari mana sumber nya.

“Demi menjaga persatuan dan kesatuan kami mengajak masyarat khusus nya anak muda untuk cerdas menggunakan sosial media jangan mudah terpancing dengan isu-isu yang tidak benar (hoax),” ujar Ade Selon.

Dia melanjutkan Allah SWT ber firman dalam Al Quran surat Al Hujarat ayat 6

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Di ayat yang lain allah tegas dalam surat al hujarat ayat 12

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا وَلَا يَغْتَبْ بَعْضُكُمْ بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَنْ يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ تَوَّابٌ رَحِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

“Biasa kan ketika menerima suatu kabar teliti tabayun ( klarifikasi) agar tidak menjadi fitnah yang menimbulkan perpecahan sesama anak bangsa jaga kesatuan jaga persatuan hoax abaikan kejar dan tangkap pelaku hoax. Saya Indonesia saya anti hoax,” tukasnya.

Comment

News Feed