Karawang – Kapolres Karawang, AKBP Hendy F Kurniawan mengimbau agar gerai-gerai ritel maupun apotek agar selektif dalam melayani konsumen dalam pembelian kondom, pihaknya belum dapat melakukan tindakan karena berbenturan dengan program BKKBN, yang  saat ini sedang gencar dalam mencegah penyebaran virus HIV/AIDS dengan kampanye penggunaan kondom bagi pelaku seks bebas.

“Sudah saya lakukan pendataan, ada 153 toko ritel dan apotek yang dipantau penjual kondom di Karawang,” kata Kapolres, hari ini.

Lebih lanjut, AKBP Hendi F Kurniawan menyatakan, saat ini pihaknya hanya bisa melakukan sebatas imbauan saja kepada sejumlah manajemen ritel yang menjual kondom.

“Kami belum bisa melakukan tindakan agar toko tidak menjual kondom, karena itu kan usaha, jual beli,” katanya.

Ditambah, kata Hendy, saat ini BKKBN sedang aktif kampanye pencegahan penyebaran virus HIV/AIDS, dengan imbauan penggunaan kondom.

“Itu yang belum singkron sehingga kami tidak bisa menindak lanjuti, hanya sebatas imbauan saja,” ujarnya.

Menurutnya, imbauan yang pihak kepolisian lakukan juga merupakan bagian pencegahan serupa.

“Tapi sudah saya sampaikan juga agar paling tidak toko atau gerai periksa identitas pembeli, apakah dia sudah berkeluarga atau belum atau tidak mudah jual kepada anak di bawah umur,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, Polres Karawang melalui Sat Intelkam telah melakukan pengecekan dan melakukan himbauan terkait penjualan Kodom (Alat kontrasepsi) di beberapa minimarket Indomaret dan Alfamart. Himbauan dilakukan terkait penjualan kondom agar kasir minimarket untuk lebih selektif dan tidak melayani penjualan kondom kepada anak di bawah umur/belum dewasa, dilakukan dibeberapa minimarket, yaitu :

1). Minimarket Indomart Jl. Surotokunto Desa Warungbambu Kec. Karawang Timur kab. Karawang.

2). Minimarket Alfamart Jl. Surotokunto Desa Warungbambu Kec. Karawang Timur kab. Karawang

3). Minimarket Alfamart Jl. Syehquro Lamaran Kec. Karawang Timur Kab. Karawang

4). Minimarket Indomart Jl. Syehquro Lamaran Kec. Karawang Timur Kab. Karawang

5). Hasil pengecekan produk kondom yang di jual di Indomart dan Alfamart yaitu sebagai berikut :
1. Fiesta
2. Sutra
3. Durex
4. Okamoto

Temukan juga kami di Google News.