Sosialisasi BP2MI, Jelaskan Peluang Kerja Luar Negeri bagi Serikat Pekerja PT Astra Honda Motor

Nasional2,662 views

Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), kembali memberikan sosialisasi  peluang kerja ke luar negeri bagi Serikat Pekerja PT. Astra Honda Motor di Convention Hall PT. Astra Honda Motor Plant 3, Cikarang, Jumat (18/11/2022).

Serikat Pekerja PT. Astra Honda Motor dipilih sebagai lokasi sosialisasi karena Mantan Pekerja PT. Astra Honda Motor memiliki potensi yang besar untuk bekerja ke luar negeri dengan keahlian teknik yang banyak dibutuhkan di negara sahabat.

Penyebutan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) disesuaikan menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Undang-undang Nomor 18 Tahun 2017 tentang Pelindungan Pekerja Migran Indonesia didasarkan dari International Labour Organization (ILO) dengan penyebutan migrant worker. Penyebutan istilah PMI menjadi lebih humanis.

Pemateri pertama disajikan oleh Ibu Hadi Wahyuningrum, SH, MM, Kepala Biro Hukum Dan Humas BP2MI menjelaskan tentang regulasi PMI. Berikutnya Bapak Mucharom Ashadi, Direktur Penempatan Kawasan America Pasifik mengingatkan untuk selalu mencari peluang kerja melalui jalur yang resmi dan prosedural untuk menghindari berbagai masalah, seperti pemutusan hubungan kerja secara sepihak, gaji yang tidak dibayarkan, tindak kekerasan, pelecehan seksual dan lain-lain,” ujarnya.

PMI yang berangkat secara resmi telah tercatat pada sistem yang dimiliki oleh BP2MI. Artinya, PMI akan selalu berada dalam pengawasan dan pelindungan negara.

Ketua Serikat Pekerja PT. Astra Honda Motor, Taufik Hidayanto, menyampaikan apresiasinya kepada BP2MI untuk pelaksanaan sosialisasi di PT. Astra Honda Motor, Cikarang. Selain itu, ia juga berharap karyawan yang lepas kontrak dapat segera memanfaatkan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. “Carilah kesempatan kerja di luar negeri dengan gaji yang tinggi, dan kembali ke Indonesia dengan segudang pengalaman,” pungkasnya.

Comment