by

Puluhan Tahun Berkiprah, Donny Imam Priambodo Siap Membawa ORARI Modern dan Berkelas

-Nasional-2,178 views

Jakarta – Bagi kalangan penggemar radio amatir khususnya anggota Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI), mungkin tak banyak yang mengenal nama H. Donny Imam Priambodo, ST,MM,M.Res. Namun jika menyebut callsign atau tanda panggil YBØDX, nama Donny sudah tak asing lagi lantaran sudah malang-melintang puluhan tahun di dunia amatir radio tersebut.

Prihatin dengan kondisi internal komunitas amatir radio itulah, lelaki kelahiran Jombang Jawa Timur ini merasa perlu ada perubahan di internal kepengurusan. Apalagi banyak anggota ORARI yang mendorongnya untuk melakukan perubahan tersebut. Sebanyak 24 dari 33 ORARI Daerah (Orda) sudah berkomitmen mendukungnya maju sebagai calon ketua umum pada suksesi kepemimpinan, 26 hingga 28 November besok. Gelaran tersebut akan dilaksanakan di Hotel JS Luwansa, Jl. HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta.

Jebolan University of Liverpool Inggris ini mengusung visi untuk menjadikan ORARI sebagai organisasi amatir radio berkelas dunia, modern, dan melayani anggota dan masyarakat dengan cepat dan tepat. Visi itu dirasa tepat menyusul banyak keluhan para anggota yang mengeluhkan proses birokrasi sebagai anggota selama ini.

“Ya mungkin karena temen-temen orda selama ini menginginkan perubahan, jadinya yang mendukung saya ini mayoritas,” ujar mantan anggota DPR RI Komisi XI ini.

Pada suksesi kepengurusan kali ini, setidaknya ada empat kandidat calon Ketua Umum ORARI yakni Syarif Hidayat – YB1FWO, LetJen (Purn) Hotmangaraja Panjaitan – YC0HRP , Laksma Edy Sulistyadi – YC0EDY dan Donny Imam Priambodo – YB0DX. Menurut Donny, diantara para kandidat dirinya memang yang paling muda.

“Mungkin saya yang paling muda. Di situ ada direktur bea cukai, ada purnawirawan tentara dan kalau nggak salah anggota TNI AL aktif, kebetulan yang bersangkutan adalah Ketua Orari Lokal Jakarta Utara sekarang mencalonkan juga,” papar peraih Master of Research di Bidang Business & Administration/Financial Engineering tersebut.

Mengemban aspirasi mayoritas para anggota ORARI itulah, otomatis tugas berat dibebankan di pundak Donny. Ia harus memikul misi besar yakni mempertahankan ORARI sebagai wadah satu-satunya Organisasi Amatir Radio Indonesia, mempertahankan Peraturan Menteri Kominfo RI untuk setiap pemilik Ijin Amatir Radio (IAR) tetap wajib menjadi anggota ORARI dan mengelola ORARI secara profesional.

Donny juga harus mampu melakukan penggalangan dan perekrutan millenial (usia 20-38 tahun) untuk menjadi anggota ORARI dan Pengurus ORARI Pusat. Demikian halnya dengan memilih Pengurus ORARI Pusat yang mempunyai kemampuan dan kapasitas sesuai dengan bidangnya, serta mempunyai waktu dan komitmen untuk bekerja sesuai tugas dan fungsinya.

Karena itulah, Donny juga harus memperbaiki dan mengembangkan sistem informasi manajemen organisasi yang modern berbasis teknologi _internet of thing_ , baik untuk anggota dan pengurus dari tingkat pusat, daerah dan lokal. Dirinya juga dituntut bisa merelokasi Kantor Sekretariat Jenderal ORARI Pusat yang representatif, dan membangun Club Station dengan peralatan yang memadai.

“Misi kita juga untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Pengurus ORARI di seluruh Indonesia. Lalu membuat laporan keuangan ORARI Pusat yang transparan dan disampaikan secara berkala,” papar peraih cumlaude sarjana teknik dengan IPK 3.6 di Sekolah Tinggi Teknik Surabaya – (stts.edu) itu.

Misi lainnya yakni meningkatkan hubungan kerjasama dengan Regulator, Instansi Pemerintah, Institusi Pendidikan, International Amateur Radio Union (IARU), dan Organisasi lainnya. Kepengurusan Donny yang baru nantinya juga harus bisa melakukan usaha-usaha yang sah untuk mewujudkan ORARI sebagai organisasi yang mandiri dan profesional. Selain itu butuh penyempurnaan sistem administrasi keanggotaan elektronik (e-Callbook dan e-KTA) yang terhubung dengan Sistem Informasi dari Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kemenkominfo.

Pengurus nantinya juga dituntut mengaktifkan Monitoring Sistem ORARI dan bekerja sama dengan regulator untuk melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap spektrum frekuensi radio amatir dari gangguan dan penyalahgunaan spektrum frekuensi radio amatir. Demikian halnya dengan melakukan Pelatihan Tentang Organisasi dan Amatir Radio untuk meningkatkan kemampuan Pengurus dan Anggota ORARI.

Misi lainnya yakni melakukan edukasi untuk meningkatkan kemampuan anggota ORARI melalui program pelatihan yang dibuat secara rutin seperti pelatihan Teknik Radio, Operating Procedure, Peraturan Radio, EmComm, YOTA, Contest, Award, Amsat, Komunikasi Digital, Antena, dan lain-lain.

“Melakukan perekrutan kepada generasi Z dengan usia 7-20 tahun untuk menjadi Anggota ORARI, untuk regenerasi. Memfasilitasi pembentukan dan meningkatkan fungsi dari Unit-Unit Kegiatan Amatir Radio seperti Amsat, DX-ing, Morse, ARDF, Homebrew, YLs, Old Timers, dan lain-lain,” ucapnya.

Donny dan para pengurusnya juga harus mampu melakukan komunikasi secara berkala dengan Anggota dan Para Pengurus baik di tingkat Orda dan Organisasi Lokal (Orlok). Selain itu, mereka juga harus bisa memperluas hubungan kerjasama dengan Organisasi-Organisasi Amatir Radio di Luar Negeri dan mendorong Pemerintah (Regulator) untuk membuat Reciprocal Agreement dengan negara-negara sahabat khususnya yang berada di wilayah ASEAN dan Asia-Pasifik.

“Mematuhi serta menegakkan semua peraturan (nasional dan internasional) yang mengatur tentang Amatir Radio. Itu penting juga,” ujarnya.

Biodata call sign YB0DX

Nama ​​​​: H. Donny Imam Priambodo,ST,MM,M.Res
Alamat​ ​​: Jl. Terusan HR. Rasuna Said 20 Kuningan Barat – Jakarta Selatan – 12710
Tempat & Tgl Lahir​​: Jombang , 23 Desember 1973
Pendidikan ​​​: Master of Research, University of Liverpool, UK
Pekerjaan ​​​: Owner/CEO Arda Indonesia Group 2007 – Skg
Call Sign ​​​: YB0DX NRI : 2021000789

Pengalaman Organisasi ​:

Sejarah Call Sign
1. YD3VRO – 1991 Lokal Kediri Jatim
2. YC3VRO – 1992 Lokal Kediri Jatim
3. YC2DP – 2006 Lokal Semarang
4. YB2DP – 2009 Lokal Semarang

ORARI ​​​:
1. KaBag Eksperimen ORARI Lokal Jakarta Selatan
2. Peninjau MUNAS IX 2011 YB2DP ORDA JATENG

Pengalaman Luar Organisasi :
1. Tenaga Ahli Menteri Komunikasi dan Informasi 2020 – skg
2. Owner/CEO ARDA INDONESIA Group 2007 – Skg
3. Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Partai NasDem 2019-2024
4. Anggota DPR-RI Fraksi NasDem 2014-2019 (Komisi XI Keuangan dan Perbankan)
5. Ketua Group Kerjasama Bilateral Indonesia-Ukraina DPRRI 2014-2019
6. Ketua Umum Ikatan Profesional Sinergi Nawacita (IPSN) 2019 – Skg
7. Ketua Kerjasama Ekonomi Indonesia Korea Selatan KADIN Jabar 2005-2009
8. Ketua Kompartemen Komunikasi Satelit KADIN Jawa Barat 2003 – 2007
9. Anggota Partai Golkar 2004 – 2013
10. Wakil Ketua Bidang Hubungan Daerah Pemenangan Pemilu DPP Golkar 2004 – 2009
11. Wakil Bendahara Umum SOKSI 2010 – 2015
12. Wakil Ketua Bidang Khusus Lembaga Karatedo Indonesia 2010-2015
13. Wakil Bendahara OKK MKGR 2010 – 2015
14. Bendahara Relawan Indonesia Partai Golkar 2004 – 2009
15. Anggota POKJA Bidang Kesra DPP Partai Golkar 2004 – 2009
16. Wakil Komandan SAR Golkar 2004 – 2009
17. Pendiri Asosiasi Pengusaha Menara Telekomunikasi (ASPIMTEL) 2005
18. Anggota Dewan Pakar Asosiasi Pengusaha Nasional Telekomunikasi (APNATEL) 2010-2015
19. Pendiri Ormas dan Yayasan Jaringan Walisongo Jawa Tengah 2019

Curriculum Vitae
1. PT Arda Indonesia Group April 2007 sampai sekarang
Perusahaan di bidang investasi dalam negeri dan luar negeri – Beberapa anak perusahaan di dalam negeri bergerak di bidang sistem elektronika & radio Militer, dan supplier spare parts pesawat tempur, dan helikopter Militer.
2. Anggota DPR-RI Komisi XI F. Nasdem 2014-2019
3. Ketua DPP Partai Nasdem Bid. Digital & Siber
4. Ceo/Owner PT. Protelindo 2002 – 2007
5. CFO PT. Suryatelindo 2001-2002
6. CTO PT. Aprotech 2000-2001
7. Dosen Elektronika Stts.Edu 1997-2000
8. Anggota Orari 1991 – Saat Ini (YB0DX)

Comment

News Feed