by

Vonis Pra Peradilan HRS 12 Januari, Kuasa Hukum Yakim Hakim Adil & Tolak Semua Tekanan dari Pihak Manapun

-Polhukam-3,234 views

JAKARTA – Dalam lanjutan sidang pra peradilan yang diajukan kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (8/1), tanggapan Ahli dari pihak Termohon tentang penerapan pasal 160 KUHAP yang merupakan delik Materil, maka pengertiannya adalah atas ceramah yang disampaikan HRS, haruslah ada unsur akibat yang timbul dari ceramah tersebut sebagai suatu perbuatan pidana.

Menurut kuasa hukum HRS, apakah dalam hal ini, yang disampaikan HRS dimuka umum terdapat unsur hasutan, sehingga timbul peristiwa pidana ? Faktanya, dalam kasus pidana yang disangkakan kepada HRS, memang tidak ada atau tidak terjadi tindak pidana apapun.

Demikian halnya HRS juga sudah dikenakan denda sebesar 50 juta rupiah, sesuai UU No.6 thn 2018 tentang Karantina Kesehatan. Adagiumnya adalah seseorang tidak bisa dikenakan hukuman untuk kedua kalinya (nebis in idem) atas kesalahan yang sama.

Oleh karenanya penetapan Tersangka kepada HRS tidak sah, tidak berdasarkan hukum dan harus dibatalkan. Kuasa hukum HRS berharap, majelis hakim dapat memutus perkara ini secara adil sesuai dengan fakta hukum, hati nuraninya dan independen. Keputusan hakim (vonis) atas sidang Pra Peradilan HRS tersebut akan dibacakan pada Selasa, 12/1/21, jam 14.00.

Menurut kuasa hukum HRS, Djudju Purwantoro, pihaknya sangat yakin majelis hakim akan memutuskan perkara pra peradilan ini dengan adil dan menolak semua tekanan dari pihak manapun, termasuk penguasa yang ingin campur tangan dan mau mempengaruhi putusan hakim.

Comment

News Feed