by

Peran mahasiswa Kawal Pilkada Damai

-Polhukam-2,816 views

JAKARTA – Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Psikologi dan Sistem Informasi Universitas Gunadarma melaksanakan ‘Ngopi’ (Ngobrol Pintar) bertajuk “Deklarasi Peran Mahasiswa Dalam Mengawal Pilkada Damai, Aman dan Bebas Isu Hoaks di Tengah Pandemi Covid-19” di Depok, Jawa Barat, Selasa (10/11).

Sebelum acara dimulai, Koordinator Forum Lintas Angkatan Gunadarma, Aris Riswanto, mengimbau untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya mengenang hari Pahlawan pada 10 November 2020.

“Kawan-kawan, mengingat hari ini adalah Hari Pahlawan, kita buka diskusi ini dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya,” ujar Aris Martin Siahaan, Ketua Umum Barisan Rakyat 1 Juni (Barak 106) yang menjadi narasumber dalam diskusi itu menegaskan peran mahasiswa dalam tatanan.

“Mahasiswa punya peran determinan dalam struktur tatatan sosial bernegara secara sadar maupun tidak sadar, sehingga mampu menyalurkan semangat optimisme kepada masyarakat dalam menghadapi pilkada serentak 2020,” ujar Martin dalam membuka diskusi.

Menurut Martin, posisi mahasiswa haruslah satu yakni berdiri di atas kepentingan bangsa sehingga dapat memaksimalkan perannnya agar dapat memberi keseimbangan dalam tatanan sosial bangsa ini. Krisis akibat Pandemi Covid-19 ini, lanjut Martin, mahasiswa harus menegaskan perannya untuk dapat mengawal Pilkada Serentak 2020 ini agar terbebas dari Makelar Konflik yang punya kepentingan.

Senada dengan Narasumber, Hermawan, mahasiswa asal Fakultas Ekonomi sepakat agar mahasiswa mengambil peran sebagai penyeimbang dalam tatanan sosial.

“Kita di sini sebagai mahasiswa harus mengambil peran penyeimbang dalam tatanan sosial,” tegas Hermawan.

Lebih lanjut Antony, alumni Universitas Gunadarma sekaligus Ketua Umum Jaringan Aktivis Indonesia (Jarak Indoensia), mengimbau mahasiswa-mahasiswi Gunadarma untuk terus menjadi oposisi abadi dalam tatanan bernegara.

“Saya imbau untuk adik-adik sekalian untuk terus bergerak menjadi penyeimbang dalam tatanan sosial negara kita Indonesia,” pungkas Antony.

Agenda yang sama juga dilaksanakan di Tangerang Selatan oleh Mahasiswa asal Universitas Pamulang.

Comment

News Feed