by

TNI Bisa Andil Tangani Terorisme, Asal …

-Polhukam-3,718 views

Jakarta – Analisis intelijen dan terorisme Stanislaus Riyanta menilai peranan Tentara Nasional Indonesia (TNI) perlu diperluas dalam konteks pertahanan dan keamanan negara selain untuk bertugas dalam medan perang. TNI dinilai perlu ikut andil untuk memperkuat negara dalam penanganan terorisme dan bencana alam, namun jangan sampai tumpang tindah dengan institusi lain yang mempunyai kewenangan sesuai UU.

“Dalam konteks penanggulangan teror, Densus 88 Polri sudah bekerja tidak hanya meningkatkan penangkapan, tetapi mereka juga melakukan misalnya pencegahan kemudian melakukan pembinaan termasuk ada beberapa pelaku teror yang kemudian ditangkap sebelum hukum dibina diselidiki kemudian disadarkan,” ungkapnya, di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Kemudian terkait usulan peran TNI dalam penanganan terorisme, kata dia, perlu adanya landasan hukum yang kuat bagi TNI untuk membantu negara dalam penyelesaian masalah-masalah selain perang. Hal ini juga dimaksudkan agar tidak ada pertentangan dengan UU yang ada.

“Saya mengusulkan peran TNI ini ketika masuk jangan sampai nanti menjadi tumpang tindih. Sekalian diatur dalam level yang lebih tinggi diatur undang-undang, misal dibuat UU Pelibatan TNI,” tegasnya.

Lebih lanjut, Stanislaus menyatakan TNI itu merupakan organisasi yang sangat besar dan sangat disayangkan jika tidak dilibatkan dalam masalah-masalah yang bisa ditangani, untuk itu perlu diatur dalam UU misalnya UU Pelibatan TNI/Militer.

Comment

News Feed