by

Di Webinar ILMISPI, Para Ketum Cipayung Kompak Jaga Pancasila

-Polhukam-3,586 views

Jakarta – Para Mahasiswa yang tergabung di dalam Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Indonesia (ILMISPI) Nasional menggelar diskusi webinar dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila.

Presidium Nasional ILMISPI, M. Satria Arta Wahab menjelaskan bahwa, Pancasila merupakan dasar negara dan ideologi yang harus dijaga dan dirawat dengan baik oleh seluruh stakeholder bangsa Indonesia.

Bahkan untuk lebih konkretnya, nilai-nilai dari Pancasila harus dimaknai lebih dalam dan dimplementasikan untuk menghadapi segala situasi.

“Kita harus selalu memperhatikan nilai-nilai ketuhanan dan gotong royong dalam menjaga ideologi bangsa,” kata Satria dalam sambutannya, Sabtu (20/6/2020).

Menurutnya, tantangan saat ini yang dihadapi Indonesia juga tak lalah kompleks. Selain tengah dilanda wabah Covid-19, Indonesia juga sejatinya tengah dihadapkan dengan pembenturan dan penyelewengan ideologi Pancasila, baik yang dilakukan oleh penganut paham-paham komunis, khilafah yang nantinya justru akan memecah belah bangsa.

“Dan saya berpesan, tetaplah menjadi mahasiswa yang bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil dan makmur yang diridhoi Allah SWT,” pungkasnya.

Selanjutnya, Ketua Umum PB PMII, Agus Herlambang juga menyampaikan pandangan yang sama. Di mana ia mengatakan bahwa dalam menjaga nilai-nilai Pancasila, bangsa Indonesia harus mengedepankan pula semangat religiusitas dan saling mengasihi antar sesama. Apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini butuh kekompakan antar bangsa Indonesia sembari tetap mewaspadai munculnya potensi tantangan terhadap paham terorisme dan paham komunisme.

“Maka kita harus menjaga dengan baik dan meningkatkan spirit dengan beberapa semangat, yaitu Semangat ke-Tuhanan, semangat kekeluargaan, semangat keikhlasan, semangat tanggung jawab,” kata Agus.

Masih di dalam konteks kerjasama melawan Covid-19. Ketum DPP GMNI, Arjuna Putra Aldino mengajak kepada seluruh generasi muda Indonesia khususnya yang tergabung di dalam Ikatan Lembaga Mahasiswa Ilmu Sosial dan Politik Indonesia, agar ikut berusaha mencari solusi di tengah situasi sulit seperti saat ini.

“Kita harus mengasilkan win-win solution dalam menghadapi seperti ini, baik dari pemerintah dan masyarakat khususnya saat situasi pandemi Covid-19,” tutur Arjuna.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketum PP GMKI, Korneles J. Galanjinjinay. Ia menyampaikan bahwa organisasi Cipayung akan terus kompak dalam menjalin komunikasi dan koordinasi satu dengan lainnya agar bangsa Indonesia bisa lepas dari persoalan besar. Baik itu Covid-19 maupun menjaga agar ideologi bangsa tetap terjaga dengan baik.

“Kami Cipayung, juga selalu koordinasi untuk sama-sama menjaga ideologi bangsa, walaupun kami berbeda organisasi,” ungkapnya.

Terakhir, salah satu narasumber yang ikut terlibat di dalam kegiatan tersebut adalah Wakil Direktur Intelijen dan Keamanan (Wadir Intelkam) Polda Jawa Timur AKBP Iwan Surya Ananta.

Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa institusi Kepolisian akan terus hadir dalam upaya bersama pemerintah menangani situasi nasional saat ini khususnya di wilayah hukum Polda Jatim di tengah situasi pandemi COVID-19.

“Kita akan selalu bersinergi dengan pemerintah dalam kondisi seperti ini yaitu pandemi, dan tak lupa dengan mengedepankan nilai-nilai Pancasila,” kata AKBP Iwan Surya Ananta. [RED]

Comment

News Feed