by

Sikapi Corona, Lurah Gandaria Utara Minta Masyarakat Tetap Tenang Jangan Berlebihan

-Polhukam-4,246 views

JAKARTA – Lurah Gandaria Utara, Muhammad Hasan menjelaskan bahwa mewabahnya Virus Corona (Covid-19) di tengah masyarakat Indonesia saat ini memang cukup meresahkan, mengingat di negara asalnya sudah banyaknya korban berjatuhan.

“Virus Corona ini bukan hanya mewabah di Indonesia saja, tetapi sudah mewabah di negara lain, dan ini sudah menjadi permasalahan penduduk belahan dunia manapun,” kata Hasan dalam sosialisasinya di kantor lurah Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/3/2020).

Walaupun Covid-19 adalah wabah yang cukup membahayakan, namun ia menyampaikan bahwa seluruh masyarakat harus tetap tenang dan memperkaya pengetahuan tentang bagaimana cara mencegah penularan wabah virus yang menyerang sistem pernafasan itu.

“Menjaga kebersihan tubuh kita khususnya tangan dengan rajin mencuci tangan setelah bekerja merupakan salah cara untuk mengurangi risiko penularan,” jelasnya.

Bagi Hasan, kegiatan sosialisasi pencegahan Virus Corona hari ini cukup penting bagi jajaran di Kelurahan Gandaria Utara termasuk para anggota PPSU. Mengingat mereka sering berinteraksi dengan siapapun sehingga sikap antisipatif menjadi sesuatu yang sangat perlu.

“Khususnya bagi Tim Penanganan Prasarana Dan Sarana Umum (PPSU) yang dalam bekerja sehari-hari bersentuhan secara langsung dengan hal yang cukup kurang higienis,” ujarnya.

“Hal ini memang harus diwaspadai, tetapi kita tidak boleh berlebihan dalam menyikapinya, secukupnya saja,” ucap Hasan.

Lebih lanjut, Muhammad Hasan juga menyerukan agar hasil sosialisasi tersebut bisa diteruskan informasinya kepada keluarga maupun masyarakat lainya, agar mereka juga dapat mengetahui cara mencegah agar terhindar dari virus Corona.

“Sosialisasi ini bisa kita informasikan kepada teman atau saudara kita yang lainya agar mereka juga dapat mengetahui cara mencegah agar terhindar dari virus Corona,” sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Gandaria Utara 1, Nasrum menjelaskan dengan detail kepada peserta yang hadir tentang bagaimana tahapan agar mereka bisa mengurangi penularan Virus Corona tersebut.

Nasrum menjelaskan bahwa PPSU adalah lini terdepan yang bersentuhan langsung dengan berbagai penyakit salah satunya virus Corona. Sehingga ia merasa sangat perlu menyalurkan informasi penting itu.

“PPSU adalah gudangnya kuman, hal ini dikarenakan pekerjaannya yang bersentuhan langsung dengan sampah,” jelasnya.

Ia pun mengingatkan agar para petugas PPSU tidak mengabaikan perlengkapan keamanan.

“Dan PPSU ini harus bekerja dengan menggunakan perlengkapan yang safety, karena bekerjanya bersentuhan langsung (dengan sesuatu yang kurang bersih),” imbuh Nasrum.

Terakhir, Dokter Nasrum mengatakan bahwa Covid-19 dapat menular melalui percikan pada saat flu dan batuk. Kemudian juga bisa melalui bersentuhan fisik seperti berjabat tangan.
Meskipun demikian, ia mengatakan bahwa virus Corona ini tidak dapat menular melalui udara.

“Kami menyarankan agar mencuci tangan tidak menggunakan sabun batang, karena kumannya dapat berkumpul di situ semua, jadi saya sarankan menggunakan sabun cair,” tutupnya.

Comment

News Feed