by

Jika Paris Punya Menara Eiffel, Maka Jembatan Selat Sunda Bisa Jadi Lambang Kebanggaan Indonesia

-Nasional-346 views

JAKARTA – Baru-baru ini publik Internasional di hebohkan dengan kabar terealisasinya jembatan yang diklaim terpanjang di dunia milik China. Jembatan tersebut di beri nama ‘Jembatan Maut’.

Proyek raksasa ini dinilai mempunyai panjang hampir 55 km yang menghubungkan antara Hongkong, Macau dan Zhuhai yang terletak di Delta Sungai Mutiara. Alhasil jembatan ini pun bermanfaat menghemat waktu perjalanan dan meningkatkan integrasi wilayah.

Deklarator Youth Movement Institute (YMI) Tanggon NM mengaku terkesima dengan China yang bisa membuat proyek se Megah itu.

“Kenapa Indonesia tidak bisa, kapan Indonesia bisa membuat jembatan seperti China,” tanya Tanggon, hari ini.

Dia menjelaskan kala itu salah satu mega proyek perencanaan Jembatan Selat Sunda (JJS) di batalkan atau tidak jadi di buat oleh Pemerintah Indonesia karena banyaknya pertimbangan serta resiko yang di ambil. Padahal, kata dia, banyak sekali manfaat yang bisa di ambil dari dampak pembuatan jembatan tersebut.

Dia menilai pro dan kontra proses pembangunan jembatan yang hampir menelan biaya kurang lebih 200 Triliun Rupiah serta berukuran panjangnya kurang lebih 30 km itu adalah hal yang biasa, namun dipastikan bahwa megaproyek tersebut membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi lebih maju.

“Biaya-biaya seperti produksi dan transportasi bisa lebih di tekan menjadi murah, di samping itu akses dari pulau Jawa ke pulau Sumatera atau sebaliknya menjadi lebih cepat dan mudah,” tambah dia.

Tanggon memastikan jembatan tersebut bisa menjadi kebanggaan serta bisa dijadikan ikon Indonesia. Di samping itu efek kedepan bisa mengintegrasikan serta memadukan kawasan Banten (Jawa) dengan Lampung (Sumatera) untuk kebutuhan pengembangan infrastruktur kawasan Industri dan Pariwisata.

Oleh karenanya, tambah dia, Indonesia bisa di bilang memerlukan JJS dan sangat menantikan realisasi pembangunan megaproyek ini. JJS akan mengintegrasikan potensi 80 persen ekonomi dan penduduk Indonesia.

“Proyek ini bukan semata-mata membangun jembatan. Proyek ini akan meningkatkan pertumbuhan perekonomian, memperkecil ketidakseimbangan pembangunan, serta meningkatkan daya saing masing-masing wilayah,” tambah dia.

“Jika Paris punya Menara Eiffel maka
kehadiran JSS dipandang mampu memberikan lambang kebanggaan sebagai bangsa Indonesia,” pungkasnya.

Comment

News Feed