Jakarta – Sekitar seratusan mahasiswa yang tergabung dalam Forum Mahasiswa Pejuang Demokrasi (FMPD) melakukan aksi jalan mundur di depan Gedung Sate dan depan Markas Polda Jabar, Kamis (16/8/2018).

Jalan mundur dilakukan sebagai simbol kemunduran demokrasi di Indonesia yang diindikasikan dengan merebaknya konflik horizontal akibat gerakan #2019GantiPresiden.

Forum mahasiswa ini juga memprotes keras aksi pemukulan terhadap aktivis mahasiswa di Makassar saat menyampaikan aspirasi.

Koordinator Aksi, Dohir mengatakan, pihaknya mendesak aparat menolak izin deklarasi #2019 Ganti Presiden karena sarat akan pesan provokatif yang menciptakan konflik horizontal di tengah masyarakat.

“Kami mengecam tindakan pemukulan yang dilakukan kelompok deklarasi #2019GantiPersiden di Makassar terhadap aktivis PMII,” tegas Dohir di sela aksinya, Kamis (16/8/2018).

Dohir menilai, gerakan #2019GantiPresiden ditunggangi kelompok tertentu. “Kami mendesak aparat negara untuk memerangi gerakan yang ditunggangi kelompok tertentu dalam gerakan deklarasi #2019 ganti presiden,” tegasnya.

FMPD menilai deklarasi ganti presiden itu hanya merontokkan nilai-nilai demokrasi, pembodohan, dan provokasi.

“Jangan bodohi masyarakat. Jangan bodohi masyarakat dengan kepentingan politik tertentu,” ucapnya.

Temukan juga kami di Google News.