by

Stop Pengaruh Radikalisme, Ajak Santri Laksanakan Syariat Islam Berdasarkan Al Qur’an

-Nasional-1,144 views

KALTARA – Polda Kaltara bekerja sama dengan Pondok Pesantren Darul Yaqin pimpinan ustad Abdul Qadir menyelenggarakan kegiatan pengajian rutin bersama anak-anak santri dan santriwati Ponpes Darul Yaqin dengan tema “Mengantisipasi Bahaya Radikalisme di Dunia Pendidikan Pondok Pesantren”.

Kegiatan tersebut digelar di Pondok Pesantren Darul Yakin Temboro Tanjung Rumbia Tanjung Selor Kab Bulungan, Kaltara, 22 Agustus 2020.

Kegiatan diawali dengan membacakan surah yasin dan dilanjutkan dengan ceramah oleh Ustad Kasman tentang bahaya radikalisme di dunia pendidikan pesantren.

Ustad Kasman berpesan agar santri dan santriwati Ponpes Darul Yaqin tidak mudah terpengaruh oleh paham-paham radikal yang sangat merugikan bagi masyarakat.

“Artinya tetap menjalankan syariat Islam sesuai dengan ketentuan yang ada di Al Quran dan yang telah diajarkan oleh Baginda Rasulullah SAW,” tuturnya.

Kata dia, harus dipahami pula, bahwa, Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang mengajarkan budi pekerti, sopan dan santun serta mempunyai sumbangsih yang besar dalam memperjuangkan Kemerdekan RI. Lembaga ini jangan sampai dinodai dengan framing yang negatif, apalagi disebut sebagai sangkar radikalisme.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 50 orang yang terdiri dari pengurus Pondok Pesantren dan juga santri yang berada di Ponpes Darul Yaqin dengan tetap menjalakan protocol kesehatan covid-19.
Pondok Pesantren dapat menjadi etalase awal dalam mengantisipasi masuknya paham radikalisme ke anak-anak yang masih polos dan belum mengetahui tentang apa itu radikalisme yang dapat membahayakan NKRI.

Comment

News Feed