by

Rupiah Terjun Bebas Mendekati 15 Ribu, Aktivis 98: Awas Krisis Moneter Pak Jokowi

-Ekonomi-11,022 views

JAKARTA – Pasar keuangan dalam negeri berguguran belakangan ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terjun ke level terlemah 4 tahun, sementara nilai tukar rupiah anjlok ke Rp 14.835/US$ hari ini, yang menjadi level terlemah sejak November 2018.

Sepanjang tahun ini, IHSG sudah ambles lebih dari 25%, sementara rupiah lebih dari 6%.

Dalam beberapa dekade terakhir, pasar keuangan Indonesia pernah mengalami gejolak, yang paling diingat tentunya pada tahun 1998, hingga terjadi krisis.

Ketua Presidium JARI 98 Willy Prakarsa menyebut isu global COVID – 19 berdampak pada perekonomian dalam negeri dan parahnya saat ini Rupiah sudah terjun bebas mendekati Rp. 15.000 / US$ mirip krisis moneter 98.

“Isu global virus Corona jadi bukti nyata bahwa pemerintahan Jokowi – Ma’ruf sedang panik tingkat dewa. Apalagi Rupiah mencapai 15 ribu, krisis moneter bisa terjadi,” ungkap Willy.

Selain itu, Willy menyebut pemerintahan Jokowi jilid II ini telah gagal menciptakan lapangan kerja, kebutuhan pokok melonjak dan BBM tidak turun padahal minyak dunia sedang mengalami penurunan.

“Omnibus law juga mendapatkan penolakan diberbagai daerah, dan yang terjadi sekarang adalah revolusi sosial,” pungkas aktivis 98 ini.

Comment

News Feed