JAKARTA – Monyet merupakan salah satu jenis primata yang memiliki sifat yang cerdas. Monyet diketahui dapat belajar dan menggunakan alat untuk membantunya dalam mendapatkan makanan. Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia.

Dalam kehidupan sehari-hari, keberadaan monyet cukup dekat dengan manusia. Tak heran jika banyak manusia yang kerap kali memanfaatkan tenaga monyet dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, monyet juga sering ditemui di tempat penangkaran seperti kebun binatang.

Hampir semua kebun binatang pasti memiliki monyet yang dipelihara. Selain beberapa jenis monyet sudah langka, hewan primata ini salah satu hewan yang cepat untuk dilatih oleh para penjaganya.

Bukan hanya pandai naik sepeda, beratraksi dengan bola dan bercanda dengan manusia, ternyata monyet juga bisa melakukan hal tak terduga lainnya. Salah satunya adalah berbelanja online.

Seekor monyet di kebun binatang Tiongkok, kepergok kamera pengawas sedang memainkan sebuah handphone milik penjaganya. Handphone milik seorang penjaga yang ditinggal itu kemudian dimainkan oleh seekor monyet. Kocaknya, ia tampak sedang berbelanja online.


Seekor monyet di kebun binatang Tiongkok tertangkap kamera CCTV sedang berbelanja online pakai ponsel penjaganya. (Sumber: Daily Mail)

Dilansir dari Daily Mail oleh Liputan6.com, Rabu (13/11/2019) monyet tersebut adalah hewan yang berada di kebun binatang Yancheng Wild Animal World, Changzhou, sebuah kota di Provinsi Jiangsu, Tiongkok Timur. Penjaga wanita bernama Lv Mengmeng mengatakan bahwa petugas kebun binatang telah melihatnya membeli barang-barang dari internet beberapa kali lewat kamera CCTV.

Lv juga menduga bahwa monyet lucu tersebut tampak mengingatnya dan berusaha melakukan hal yang sama. Rekaman CCTV dari insiden pada Rabu (13/11) tersebut menunjukkan monyet mengambil telepon dan mengetiknya.

Kejadian kocak tersebut berawal dari Lv meninggalkan si monyet sendirian untuk mengambil makanannya dan meninggalkan teleponnya. Sekembalinya ia memeriksa teleponnya, Lv pun melihat beberapa konfirmasi pesanan untuk barang-barang yang tidak ia beli.

Aksi kocak monyet ini memang sering tertangkap kamrea CCTV bermain dengan handphone milik penjaganya. Namun keberhasilannya melakukan pemesanan di situs belanja online cukup membuat orang-orang tertegun.

Lv mengatakan bahwa monyet itu biasa memperhatikannya ketika menggunakan handphone.

“Kami menghabiskan sebagian besar waktu bersama. Saya suka bermain di ponsel dan saya suka bermain ponsel di sebelahnya. Ia melihat saya memesan di Taobao (Situs e-commerce Tiongkok).” tuturnya dikutip dari Latesly.

Meskipun Lv tidak bisa mendapatkan diskon pada produk yang dipesan si monyet, ia tetap berencana untuk menyimpansemua karena itu adalah kebutuhan sehari-hari.

Temukan juga kami di Google News.