Tangerang – Pemuda memiliki peran penting dalam membangun serta menjaga persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Hal ini terungkap dalam Diskusi Publik dengan mengangkat tema Tugas dan Tanggung Jawab Pemuda Dalam Meningkatkan Persatuan Demi Indonesia Maju dan Berkeadilan yang diselenggarakan oleh Generasi Milenial Nahdlatul Ulama (GMNU), Sabtu (27/07/2019).

Dalam diskusi yang berlangsung di Keys Garden Cafe, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) ini hadir sebagai pembicara diantaranya Aktivis Nasional dari Pemuda Nahdlatul Ulama, Sonny Madjid, GMNU Tangsel Didik Setiawan serta Tokoh Muda NU Tangsel Ustadz Miftahuddin.

Aktivis Nasional, Sonny Madjid menjelaskan tentang kondisi Indonesia yang sangat kaya dan pemuda berpotensi berperan dalam ekonomi, namun kebanyakan masyarakat Indonesia tidak menyadari.

“Pemuda jangan hanya memikir domestik saja tetapi harus mulai berfikir global dan harus dapat menguasai informasi dan tekhnologi. Karena informasi dan tehnologi sangat penting untuk menjadikan negara itu dapat bangkit untuk maju,” kata Sonny.

Hal yang sama diungkapkan oleh

Didik Setiawan bahwa Peran pemuda dalam menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia dapat dibuktikan dengan melakukan tindakan yaitu memiliki jiwa nasionalis.

“Memupuk persatuan dan kesatuan dimanapun berada, tidak termudah terprovokasi hal buruk. Selain itu pemuda juga harus mampu berpikir realistis dan memilah hal yang baik dan buruk. Menggunakan media modern untuk kepentingan bersama dan mengajak siapapun untuk menjalin persaudaraan dan persatuan,” ujar Didik.

Ditempat yang sama Tokoh Muda NU Tangsel Ustadz Miftahuddin menjelaskan bahwa dalam kacamata sejarah peradaban Islam, pemuda merupakan tonggak kebangkitan umat dan Islam tidak bisa dilepaskan dari pemuda karena Islam itu sendiri tumbuh dan besar karena banyaknya pemuda berkualitas sebagai kader-kadernya.

“Banyak sekali peran pemuda untuk ikut andil dalam membangun kekuatan bangsa, khususnya gerak langkah pemuda NU dalam berperan membangun bangsa, di antaranya Pemuda NU harus menumbuhkan sikap peduli terhadap sesama dan terlibat langsung dalam kegiatan sosial kemasyarakatan,” pungkasnya

Temukan juga kami di Google News.