by

J.CO: Momentum Hari Pers Nasional, Media Ambil Peran Wujudkan Pemilu Damai

-Nasional-988 views

JAKARTA – Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia.

Koordinator Jokowi Connection (J.Co) Frans Freddy mengucapkan selamat hari pers nasional (HPN) 2019 yang di meriahkan di Surabaya. Frans menyebut di era digital sekarang ini pengguna media sosial terbesar adalah generasi muda.

Kata dia, arus informasi yang semakin deras seiring berkembangnya era digitalisasi membuat media alternatif yakni sosial media makin mendapat tempat di generasi milenial yang cenderung menyukai hal instan termasuk mengkonsumsi berita.

“Media mainstream harus membentengi generasi milenial agar terjauh dari hoaks atau berita bohong yang beredar pada era digital saat ini,” kata Frans, hari ini.

Dikatakannya, media berperan dalam membentengi generasi muda agar tidak terjerumus mengkonsumsi hoaks dengan cara memberikan berita yang benar, sesuai dengan aturan jurnalistik yang ada.

“Sehingga media mainstream menjadi rujukan bagi generasi muda yang membutuhkan berita yang valid dan dengan sendirinya berita hoaks yang ada di media sosial dapat terpinggirkan,” tambah dia.

Frans berpesan melalui momentum hari pers nasional ini, pihaknya meminta agar media atau jurnalis ikut mengambil peran mewujudkan Pemilu Damai. Diantaranya media sebagai fungsi mengawal, menjaga, dan mengawasi penyelenggaraan pemilu supaya berjalan aman, damai, berkualitas, dan berintegritas.

Selain itu, kata dia, media massa punya tugas meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat. Media massa juga memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan pemilu damai.

“Inilah momentum penguatan peran pers sebagai jembatan informasi kerakyatan berbasis digital. Pers harus bisa menyajikan informasi yang mencerdaskan masyarakat,” tukasnya.

Comment

News Feed