by

Jokowi Mania Desak Menteri dari PAN Mundur Secara Ksatria

-Polhukam-604 views

Jakarta – Sekjen Relawan Jokowi Mania Laode Kamaluddin meminta Wakil Partai Amanat Nasional (PAN) yang berada di kabinet Jokowi yaitu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Asman Abnur dan Ketua Komisi Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir bersikap ksatria agar mengundurkan diri dari jabatannya.

Hal itu menyusul bergabungnya PAN dalam koalisi calon Presiden dan calon Wakil Presiden Prabowo-Sandi.

“Dilandaskan atas etika politik dan pemerintahan, ada baiknya kader PAN yang masih berada di pemerintahan mengundurkan diri dengan gantle. Ini akan menjadi preseden baik dan tabiat politik yang baik,” tegas Laode, hari ini.

Lebih lanjut, Laode memberikan opsi kedua jika tidak mau mengundurkan diri, yakni Presiden Joko Widodo melakukan resufhle terbatas untuk menghindari konflik kepentingan di Kementerian atau Badan yang sedang dipimpin kader PAN.

“Jika tidak mengundurkan diri ataupun di resufhle, sekalipun itu hak prerogatif Presiden, maka implikasinya akan sangat serius mengingat Kementerian PANRB menjalankan tugas untuk menata birokrasi dan memiliki “power” yang cukup besar terhadap Aparatur Sipil Negara,” tuturnya.

Apalagi di masa-masa tahun politik, kata dia, akan sangat riskan mempergunakan “power” itu untuk mempengaruhi ASN. Sementara, Ketua KEIN juga memiliki peran yang tak boleh dianggap remeh.

“KEIN tentu memiliki akses terhadap BUMN dan swasta dalam cakupan kerjanya, sehingga dimungkinkan dapat mempergunakan kewenangananya untuk meraih dukungan ekonomi bagi partai asalnya, yaitu PAN,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed