by

Sambangi Bawaslu, Kompas Malut Minta Tindak Tegas Cagub Ahmad Hidayat Mus

-Polhukam-447 views

Jakarta – Sejumlah warga yang mengatasnamakan Komite Pemuda dan Mahasiswa Maluku Utara (Kompas Malut) menggelar aksi Jumat keramat di Gedung Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jumat (13/7).

Koordinator Kompas Malut Fahris mengatakan, kedatangan mereka guna mendesak Bawaslu bertindak tegas menyikapi calon gubernur Ahmad Hidayat Mus (AHM) yang saat ini sedang terlibat kasus korupsi, namun menang dalam Pilkada Maluku Utara 2018.

“Meminta Bawaslu untuk menindak tegas terkait pelanggaran yang diduga lakukan oleh KPU dan Bawaslu Maluku Utara,” ujar Fahris di Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Jumat (13/7).

Tak hanya itu, Kompas Malut juga mendesak Mabes Polri membuka semua kasus yang melibatkan AHM, karena selama ini sejumlah kasus AHM yang telah dilaporkan seakan tidak ditindaklanjuti dengan maksimal.

Fahris menambahkan, meski kasus korupsi AHMsudah di tangani, namun ditakutkan masyarakat Sula penegak hukum tidak bertindak sesuai harapan.

“Kami juga mendesak Kejaksaan Agung untuk membantu lembaga hukum lainnya untuk mengusut tuntas kasus Korupsi AHM,” tandasnya.

Untuk diketahui, AHM dan adiknya, Zainal Mus, ditetapkan sebagai tersangka karena diduga melakukan korupsi dengan modus pengadaan proyek fiktif, yaitu pembebasan lahan Bandara Bobong pada APBD Kabupaten Kepulauan Sula 2009.

Saat itu, Ahmad berstatus sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Sula 2005-2010, sedangkan Zainal berstatus sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Sula 2009-2014.

Comment

News Feed