Prabowo-Amien Terbang ke Arab, Bukti Habib Rizieq Sosok Fenomenal Bagaikan Tokoh Horor di Film

Jakarta – Pengamat politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai Habib Rizieq merupakan sosok fenomenal terutama di tahun politik ini.

Hal itu menyusul adanya rencana Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, dan Ketua Umum PKS Sohibul Iman bakal ke Arab Saudi untuk ibadah umrah bersama dan menemui Rizieq.

“Rizieq memang sosok fenomenal terutama di tahun politik ini, dia bagaikan tokoh horor dalam cerita film,” tegas Karyono, hari ini.

Menurut dia, Rizieq menjadi sosok yang menakutkan dalam kancah politik kekinian. Karena dia siap “pasang badan” untuk melakukan tekanan politik kepada yang menjadi sasaran.

“Kelihaian Rizieq dalam melakukan turbulensi politik lebih lihai dari Amien Rais. Mungkin pak Amien sudah semakin tua, sehingga kalah lincah dengan habib Rizieq,” jelasnya.

Masih kata Karyono, kelihaian Rizieq rupanya semakin mendapat pengakuan. Mungkin karena itu, Amien dan Prabowo rela jauh-jauh dari Indonesia ke Arab hanya untuk menemui Habib Rizieq. Dan ia menduga rencana umrah tersebut mungkin sudah direncanakan sebelumnya. Karenanya kemungkinan mereka akan disambut oleh Rizieq Shihab di Arab Saudi.

“Bisa jadi mereka akan ketemu di tanah suci. Justru nilai politiknya adalah terletak di pertemuan dengan Rizieq. Tapi bisa jadi itu hanya gertak sambal untuk membentuk opini publik,” ucapnya.

Dia memprediksi jika pertemuan tersebut terlaksana, maka yang menjadi pertanyaan adalah apa hasil pertemuan tersebut. Apakah mereka akan melakukan politik SARA lagi di pemilu 2019?

“Wallahualam bisawab,” ucapnya.

“Yang pasti jika mereka melakukan eksploitasi politik identitas seperti isu SARA hanya untuk mencapai syahwat kekuasaan, berarti mereka sudah kehilangan jiwa kenegarawanan,” pungkasnya.