by

Senin, Melanesia Anti Korupsi akan Laporkan Skandal Dugaan Korupsi Bupati Fakfak ke KPK

Jakarta – Kelompok massa tergabung dalam Melanesia Anti Korupsi berencana akan berunjuk rasa didepan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Mabes Polri, Senin (28/5/2018).

Mereka mendesak agar lembaga antirasuah dan penyidik Mabes Polri untuk memanggil dan memeriksa Bupati Fakfak Muhammad Uswanas terkait dugaan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) senilai Rp. 28 Milyar, pada program dana kampung, alat-alat kesehatan senilai Rp 17 Milyar dan terakhir dana pengadaan sound sistem senilai Rp 5 Milyar, dengan total dugaan korupsi senilai Rp 50 Milyar.

“Kami mendesak KPK dan Mabes Polri untuk bekerjasama memanggil dan memeriksa Bupati Fakfak Muhammad Uswanas,” tegas Koordinator Melanesia Anti Korupsi, Kelrey, hari ini.

“Senin besok, kami akan melaporkan kasus tersebut ke KPK dan memberikan tembusan ke Mabes Polri dan Istana Negara,” tutur Kelrey.

Lebih lanjut, Kelrey menjelaskan kasus tersebut sudah banyak yang berusaha membongkarnya namun hanya berhenti di meja makan dan kantong – kantong gerakan. Dia pun menegaskan akan melakukan perlawanan untuk melakukan pemberantasan KKN yang dilakukan oleh pejabat negara.

“Kasus korupsi ini sebagai kasus luar biasa (extraordinary crime), jadi KPK jangan tunggu lama lagi untuk menindaklanjutinya nanti,” bebernya.

“Jika cuma diselesaikan di meja makan, ini sudah tidak benar. Kita harus konsisten memberantas korupsi maka tidak ada cara – cara begitu. Kalau begini kan yang rugi itu negara dan rakyat,” kata dia lagi.

Oleh karena itu, dia mengajak aparat penegak hukum untuk bersama-sama pihaknya untuk membongkar skandal kasus korupsi di Papua dan Papua Barat. “Jangan di biarkan kemiskinan di Papua dan Papua Barat akan tumbuh subur, sementara korupsi merajalela,” ucapnya.

“Kami acungi jempol jika aparat penegak hukum khususnya penyidik KPK untuk memeriksa Bupati Fak-fak. Ingat pesan Pak Jokowi yang sangat komitmen dalam pemberantasan korupsi yang dilakukan para pejabat. Karena korupsi yang dilakukan banyak orang telah menggerogoti uang rakyat. Kami akan bongkar kasus ini dihadapan Komisioner KPK,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed