INDRAMAYU – Warga Mekarsari berunjuk rasa di Desa Mekarsari Kecamatan Patrol, Indramayu Jawa Barat, Rabu (25/4/2018).

Mereka menyatakan dukungannya dan berharap pembangunan PLTU II Indramayu segera terealisasi.

Koordinator aksi warga Mekarsari Surmin menegaskan pihaknya mengharapkan pihak PLTU memberdayakan masyarakat setempat sehingga dapat memberi lapangan pekerjaan.

“Kami dukung pembangunan PLTU II dan berikan kami lapangan pekerjaan,” ucap dia.

Selain itu, tambah dia, pihaknya meminta kepada warga yang tergabung kelompok Jaringan Tanpa Asap Batu Bara (Jatayu) ikut berpartisipasi mendukung dalam pembangunan PLTU II.

“Saat ini warga Ds. Mekarsari yang tergabung dengan kelompok Jatayu hanya 10 persen,” ucapnya.

Dikatakan dia, kelompok Jatayu yang mempunyai tanah garap di lahan PLN diharapakan pada saat pelaksanaan pembangunan PLTU II, mereka bisa menyerahkan lahan tersebut kepada PLN sebagai pemilik lahan yang sah.

Sementara itu, Kapolsek Patrol KompoL Mashudi S.H M.H menyambut dengan baik atas dukungan warga terhadap pembangunan PLTU II Indramayu. Kapolsek juga menghimbau kepada warga Mekarsari untuk tidak terprovokasi oleh warga luar Mekarsari dan merangkul warga yang menolak (warga yang tergabung dalam kelompok Jatayu) terkait dengan pembangunan PLTU II Indramayu.

Kepala Ds. Mekarsari, Cato membenarkan adanya aksi damai yang berlangsung dengan tertib dan lancar. Mengenai soal dukungan terhadap pembangunan PLTU II Indramayu pihaknya akan memfasilitasi dukungan tersebut kepada Pihak PLN.

“Kami mengharapakan tidak ada lagi kelompok pendukung dan kelompok penolak, semuanya menjadi satu tujuan yakni mendukung. Jangan ada warga yang terprovokasi oleh kelompok – kelompok tertentu yang tidak bertanggung jawab,” bebernya.

Oleh karena itu, sambung dia, Kepala Desa menterbitkan Perdes terkait tentang Keamanan dan Ketertiban.

Secara terpisah, Asmen PT PLN Buchori menerangkan, warga DS. Mekarsari diharapkan mendukung Pembangunan PLTU II Indramayu. Karena dengan adanya pembangunan ini akan memberikan lapangan kerja bagi warga setempat.

“Pembangunan – pembangunan infrastruktur desa akan dibantu oleh pihak PLN, sehingga jalan desa yang rusak menjadi dapat diperbaiki,” tukasnya.

Temukan juga kami di Google News.