by

Jaga Harmonisasi antar Umat Beragama, Stop Provokasi Polemik Pembangunan Masjid Al Aqsa di Papua ! Ingat Tak Perlu Dibesar-besarkan

-Nasional-271 views

Papua – Perkembangan situasi di wilayah Papua khususnya Kota Jayapura sempat memanas pasca munculnya pernyataan dari Persatuan Gereja-Geraja Jayapura (PGGJ) yang menyampaikan keberatan atas pembangunan Masjid Al Aqsha. Namun demikian hal tersebut dapat segera diatasi setelah Pemerintah dan instansi terkait membentuk Tim Penyelesaian (Tim 6) terdiri dari unsur MUI, Perwakilan Gereja dan Sipil.

Ketua Tim 6, Pdt. Albert Yoku, S. Th, menyatakan bahwa permasalahan di Jayapura hanya masalah etika komunikasi, sehingga tidak perlu dibesar-besarkan.

“Kami menyayangkan bahwa 8 poin sikap PGGJ menjadi viral di media sosial, terkait hal tersebut kami berharap kepada warga Papua untuk tidak terprovokasi dengan pihak tertentu yang ingin memanfaatkan situasi untuk memecahbelah warga Papua,” ungkap Albert, hari ini.

Lebih lanjut, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang telah berupaya menjaga situasi termasuk pihak Masjid Al – Aqsa yang sepenuhnya menyerahkan keputusan penyelesaian kepada MUI Jayapura sebagai perwakilan dalam Tim 6.

Kedepan Pemkot Jayapura berencana membangun monumen pembangunan Masjid dan Gereja sebagai simbol toleransi antar umat beragama di Jayapura, hal ini sebagai tindak lanjut dari motto “satu hati untuk ceria membangun dan zona pesona integritas antar umat beragama”.

MUI Papua-640x400Hal senada juga disampaikan oleh Ketua MUI Jayapura Mochamad Makmun Rosydi, yang menyampaikan bahwa pihaknya menyerahkan sepenuhnya penyelesaian permasalahan kepada Tim 6 yang dibentuk oleh Walikota Jayapura.

“Kami berharap agar semuanya dapat tetap menjaga suasana damai dan tidak ada lagi permasalahan antar umat beragama di tanah Papua khususnya di Sentani/Jayapura,” ujar Makmun.

Permasalahan seperti sekarang ini, kata dia, sering kali terjadi di tanah Papua khususnya di Sentani/Jayapura, namun dengan sendirinya bisa terselesaikan dan tidak berkepanjangan.

“Kita semua disini berkomitmen untuk tidak membawa permasalahan organisasi dan lebih mengedepankan kepentingan warga Sentani/Jayapura agar dapat tetap terjalin harmonisasi antar umat beragama,” pungkasnya.

Comment

News Feed