by

Bayang-Bayang Durian Gate ! Siapapun Capresnya, Enggan Pinang Cak Imin sebagai Cawapres

Jakarta – Kasus suap Kemenakertrans yang belakangan dikenal dengan ‘Durian Gate’ diduga menyeret nama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar diprediksi bakal menjadi batu sandungan sebagai kandidat Capres maupun Cawapres 2019.

“Duren Gate bisa jadi ganjalan Cak Imin jadi Cawapres 2019,” tegas Direktur Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo, hari ini.

Menurut pengamat politik ini, belum tuntasnya kasus tersebut justru membuat ketidakpastian hukum bagi Cak Imin itu sendiri. Sehingga kasus ini, kata dia, justru menyandera Cak Imin karena sewaktu-waktu skandal tersebut bisa diungkap kembali.

“Kemungkinan kasus tersebut akan digunakan lawan politik untuk mengganjal langkah mantan menteri tenaga kerja dan transmigrasi di era pemerintahan SBY tersebut melaju di pilpres 2019,” ujarnya.

Dikatakan Karyono, jika skandal kardus durian ini mencuat kembali maka dampaknya akan menurunkan kepercayaan publik terhadap Cak Imin. Selain itu, tambah Karyono, masalah ini bisa membawa political impact atau efek domino yakni akan menjadi beban politik tersendiri bagi calon pasangan Muhaimin Iskandar.

“Singkat kata, siapapun calon Presiden akan enggan meminang Muhaimin menjadi Cawapres,” sebutnya.

Alasannya, kata Karyono, siapapun calon Presidennya nantinya akan merasa khawatir dan justru figur Cak Imin justru akan menimbulkan sentimen negatif di mata pemilih.

“Ini tentu akan berpengaruh terhadap elektabilitas pasangan. Jadi, ibarat orang berenang menyeberangi sungai tapi sambil membawa tas koper berisikan besi berat,” pungkasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed