Blusukan Kapolres Jaktim ke Titik Banjir Diapresiasi

Jakarta – Deklarator Youth Movement Institute (YMI) Tanggon NM mengapresiasi langkah Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Y. Tony Surya Putra dalam kesigapnya mengantisipasi bencana banjir akibat kejadian naiknya permukaan debit air yang diakibatkan status siaga di bendungan katulampa, serta hujan deras yang terjadi di Jakarta.

“Khususnya yang ada wilayah Jakarta Timur, saya juga mengapresiasi kebersamaan internal Polres Timur, serta kegotongroyongannya dengan berbagai pihak dalam mencegah dan menanggulangi benca banjir,” ungkap Tanggon, hari ini.

Menurutnya, berbagai langkah dan upaya penanggulangan bencana memang harus dilakukan secara dini, lintas sektor, terpadu, dan terkoordinasi guna menghindari ataupun mengurangi kerugian materi, serta kerusakan infrastruktur.

“Diperlukan kerja sama lintas sektor seperti Polri, hingga masyarakat,” ujarnya lagi.

Tanggon mengakui kinerja Kapolres Metro Jakarta Timur yang dinilai sangat sigap karena langsung terjun ke lapangan serta langkah cepat tanggap blusukan meski hujan deras.

“Beliau langsung berkoordinasi dengan jajarannya untuk menindak lanjuti bahaya potensi banjir di wilayah nya,” sebutnya.

“Dengan menyiapkan anak buahnya dititik-titik yang rawan banjir di daerah Jakarta Timur,” ujarnya.

Dalam manajemen antisipasi, lanjutnya, pihaknya tidak bisa bergerak sendiri tapi butuh kerja sama dengan berbagai pihak, seperti TNI, Polri, PMI, BMKG, dan masyarakat. Manajemen antisipasi bencana juga dibutuhkan agar saat terjadi bencana kerugian materi maupun korban jiwa dapat ditekan.

“Kita sebagai masyarakat juga harus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat terkait penanggulangan bencana. Meningkatkan kewaspadaan saat hujan turun deras. Saya juga berharapa peran serta kawan-kawan media agar memaksimalkan penyebaran informasi terkait bencana banjir kepada masyarakat agar masyarakat juga terkecukupi informasi terkait titik-titik banjir,” tandasnya.