Survey CIGMark Research and Consulting: Ridwan Kamil & Deddy Mizwar Bersaing Ketat di Pilgub Jabar

Jakarta – Berdasarkan hasil survey CIGMark Research and Consulting, nama Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar bersaing dalam raihan elektabilitas terkait Pilgub Jawa Barat 2018.

Dalam riset tersebut, tercatat Walikota Bandung Ridwan Kamil menempati urutan pertama elektabilitas dengan raihan 32,3 persen. Sedangkan Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar diposisi kedua, sebesar 22,8 persen.

CEO The Indonesian Public Institute, Karyono Wibowo mengungkapkan, hasil didapat dengan simulasi 13 nama yang diuji sebagai bakal calon gubernur Jabar, jika pilgub dilaksanakan sekarang ini.

Sementara itu, Dede Yusuf (Mantan Wakil Gubernur Jabar) dan Dedi Mulyadi (Bupati Purwakarta) berkompetisi ketat pada posisi ketiga karena selisihnya berada di ambang batas margin erorr (3,4 persen).

“Elektabilitas Dede Yusuf berada di posisi 12,1 persen dan Dedi Mulyadi yang saat ini menjadi Bupati Purwakarta mendapatkaan dukungan sebesar 10,9 persen,” papar Karyono dalam Diskusi dan Konferensi Pers Hasil Survei Pilkada Jawa Barat 2018 dan Dinamika Sosial di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang, Bandung, Kamis (30/11/2017).

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, di bawah Dedi Mulyadi ada tiga kandidat yang bersaing yaitu Netty Prasetiyani Heryawan (istri Gubernur Jabar) yang memperoleh dukungan 4,9 persen, bersaing dengan Rieke Dyah Pitaloka (Artis dan Politisi) 3,6 persen dan Anton Charliyan (Mantan Kapolda Jabar) 3,5 persen.

“Elektabilitas kandidat lainnya di bawah 1 persen. Dari data elektabilitas tersebut, ada dua figur utama dominan yaitu RK dan Demiz,” tukasnya.