Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia Tolak Reklamasi: Reklamasi Hentikan Selamanya

Jakarta – Alumni dari berbagai Perguruan Tinggi mulai dari ITB, UI, ITS, IPB, UGM, UNPAD, UNPAR, UB, UNHAS, UNISBA, UII, UNAND, UNTAD berkumpul di Muara Kamal mendeklarasikan Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi.

Hidayat Matnur, Sekjen ILUNI UI mengatakan pihaknya mendukung penuh forum ini untuk berhimpun untuk menguatkan barisan kalangan alumni, akademisi, dan aktivis untuk menentang kebijakan yang merugikan rakyat kecil tersebut.

“Jelas sudah, reklamasi menguntungkan taipan dan merugikan rakyat kecil khususnya nelayan. Kami bersama forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi meminta reklamasi dihentikan selama-lamanya,” ucap Hidayat Matnur, hari ini.

Sementara itu, aktivis lain yang hadir, Salim Hutadjulu mengatakan reklamasi adalah kebrutalan dan kebringasan rezim penguasa. Reklamasi membuat kehidupan melayan dan masyarakat di sekitar Jakarta Utara yang penghasilannya dari menangkap ikan.

“Saya sejak tahun 1978 pernah menjadi wakil camat di Kepulauan Seribu Jakarta Uatra dan sering berkeliling mengunjungi masyarakat yang ada. Mereka mencari nafkahnya dari kegiatan hidupnya dengan menangkap ikan. Dan sekarang mereka menjadi susah hidupnya dengan adanya reklamasi,” pungkasnya.

Kamis siang 16 November, berbagai Alumni dari berbagai perguruan tinggi ITB, UI, ITS, IPB, UGM, UNPAD, UNPAR, UB, UNHAS, UNISBA, UII, UNAND, UNTAD berkumpul di Muara Kamal mendeklarasikan Forum Alumni Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia (PETISI) Tolak Reklamasi. Sikap mereka meminta pemerintah menghentikan reklamasi selamanya. Dan Forum PETISI siap memberikan ide-ide untuk rakyat atas pulau-pulau reklamasi yang sudah jadi.