UMKM Bersatu di Akurindo dalam Bingkai Perekonomian Berlandaskan Pancasila

Jakarta – Asosiasi Kelompok Usaha Rakyat Indonesia (Akurindo) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) I Akurindo 2017 di Jakarta. Dua acara utama akan dilakukan dalam Rakornas I yakni Pengesahan Rancangan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART), dan Pemilihan sekaligus Pelantikan Pengurus Periode 2017-2022.

Rakornas I 2017 Akurindo dihadiri sekitar 100 orang dari 30 provinsi di Indonesia. Mereka merupakan pelaku UMKM dari berbagai jenis usaha, seperti kerajinan, furnitur, dan kuliner.

Acara ini dibuka oleh Menteri Menteri Koperasi dan UKM (Menkop dan UKM) Anak Agung Gede Agung Puspayoga. Menurut dia, apapun bentuknya, UMKM perlu bersatu agar lebih kuat untuk naik kelas. “Acara Rakernas seperti ini penting untuk memperkuat kelembagaan organisasi dan juga anggotanya,” tegas Puspayoga.

Hadir pula Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto. Dia menjadi pembicara dengan memberikan materi terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berjudul ‘Ekonomi Pancasila Bagi UMKM’.

“UMKM adalah salah satu bentuk ekonomi kerakyatan yang dapat digabungkan dalam suatu koperasi sebagai soko guru perekonomian nasional,” jelasnya.

Ketua Panitia Rakernas I Emir Moeis, menyatakan, keberadaan organisasi ini diharapkan dapat memperkuat menumbuhkembangkan UMKM guna mendukung perekonomian nasional berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Langkah tersebut dilakukan dengan memberikan akses pembiayaan, pendampingan, pembukaan jaringan dan pasar. “Semua dilakukan dengan digital. Kita ingin UMKM maju dan dapat mengikuti perkembangan jaman,” kata dia.

Febri Wibawa Parsa, Ketua Umum Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP) menambahkan, akses pemasaran telah dilakukan dengan menggelar MSP Expo 2016 bagi UMKM bertema ‘Indonesia Gift’ di Gedung Smesco, Jakarta, pada 2-4 Desember 2016.

Pameran ini diikuti oleh sekitar 300 UMKM dari provinsi-provinsi di Indonesia. Mereka mulai diperkenalkan pembayaran nontunai berupa point of sales (PoS).

Dalam acara itu juga tersedia seminar yang membahas pembiayaan, pemasaran, dan teknologi informasi (TI) bagi UMKM. Pameran serupa juga akan dilakukan kembali dengan tema ‘The Authentic Taste of Indonesia’ di Balai Kartini, Jakarta pada 7-9 Desember 2017.

“Acara ini ditargetkan diikuti sedikitnya 300 UMKM dari 30 provinsi di Indonesia,” jelasnya.

Sebelumnya, sebagian mereka telah diikutkan dalam pameran di tiga negara yakni Brussel (Belgia), Moscow (Rusia), dan Tokyo (Jepang). Antusiasme pengunjung di kota-kota tersebut dibuktikan dengan sejumlah produk UMKM laku keras.

Tentang AKURINDO

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan besar dalam mewujudkan perekonomian nasional yang keadilan dan terwujudnya kesejahteraan umum untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Hal ini sesuai dengan cita-cita sosial yang dikehendaki UUD 1945 dan Pancasila. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut, Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah perlu bersatu dalam wadah organisasi. Organisasi ini untuk memperkuat UMKM melalui pelatihan, pendampingan, akses permodalan, memperkuat jaringan dan akses pasar di dalam maupun di luar negeri melalui teknologi informasi.

AKURINDO bertujuan untuk menumbuhkembangkan UMKM dalam rangka membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan dengan berazaskan Pancasila. Adapun visinya adalah memperkuat dan membentuk jaringan UMKM

Tentang Koperasi Jasa Mitra Sarana Perjuangan (MSP)

Koperasi Jasa MSP berjuang untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat, juga membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan dikembangkan dengan masih berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Salah satu bentuk kegiatan Koperasi MSP adalah menyelenggarakan pameran. Koperasi Jasa MSP telah sukses menyelenggarakan pameran MSP Expo 2016 pada 2-4 Desember 2016 di Gedung Smesco, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 94 Pancoran, Jakarta Selatan. Tahun ini acara serupa akan digelar di Balai Kartini, Jakarta pada 7-9 Desember 2017

Selain mengajak UMKM pameran di dalam negeri, Koperasi Jasa MSP juga menggelar mengajak UMKM pameran di Moskow pada September 2017, dan di Yoyogi Park, Tokyo, Jepang, 14-15 Oktober 2017. Bahkan koperasi ini telah mendirikan kantor perwakilan di Belgia untuk memajang dan memperkenalkan produk UMKM di Eropa.