Ratusan Pegiat Wisata Hadiri Gerakan Sadar Wisata di Goa Kreo yang Digagas Kemenpar

Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menggelar Gerakan Sadar Wisata dan Sapta Pesona di obyek wisata goa kreo, Kamis (27/7/2017).

Acara yang diikuti oleh 200 peserta dari pengiat wisata dan pokdarwis ini menghadirkan narasumber dari Kemenpar dan Anggota DPR RI Komisi X Ibu Yayuk Basuki.

“Aksi Sapta Pesona adalah sebuah simbolisme untuk mengingatkan semua stakeholders agar menjaga kebersihan di destinasi, aksi sebenarnya adalah dimulai dari kita sendiri untuk menjaga kebersihan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar,” ujar Sri Rahayu Budiarti Tenaga Ahli Menteri Pariwisata.

“Goa Kreo sudah ditetapkan sebagai salah satu destinasi prioritas kota semarang karena itu, Masyarakat harus siap menjadi tuan rumah yang baik agar turut mendapatkan manfaat dari pariwisata,” kata Sri Rahayu.

Sadar Wisata, menjadi salah satu unsur yang sangat penting untuk membangun daya saing kepariwisataan Indonesia. Sadar Wisata dan Sapta Pesona yang meliputi tujuh unsur, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah, dan kenangan, sejak beberapa tahun lampau telah menjadi semangat pendorong pertumbuhan kepariwisataan nasional.

“Sebagai salah satu top 10 program prioritas Kemenpar, Gerakan Sadar Wisata berfokus pada sosialisasi Sapta Pesona yang merupakan ruh dari pariwisata Indonesia,” bebernya.

Dalam kegiatan ini juga disertai kegiatan penyerahan secara simbolis dukungan implementasi sapta pesona unsur bersih dan aman. Selain itu, juga ada kegiatan bersih-bersih di kawasan Wisata Goa Kreo bersama semua peserta. Peserta yang terlibat dalam gerakan sadar wisata dan aksi sapta pesona ini juga akan mendapatkan tukar pikiran dan berdikusi dari pengiat wisata dan pokdarwis se kota semarang tentang menjaga dan meningkatkan kesadaran yang mendukung terwujudnya destinasi pariwisata yang aman, bersih, dan indah.

”Perwujudan prinsip-prinsip Sapta Pesona dalam pengembangan kepariwisataan di daerah akan bermuara pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke destinasi,” pungkas sri rahayu.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi X Yayuk Basuki mengaku gembira dengan kegiatan yang dilakukan oleh Kemenpar. Ini memang sudah seharusnya kebersihan dan keindahan obyek wisata kota semarang dan sekitarnya memang harus dirawat bersama.

“Karena kota semarang ini adalah jantung dari jawa tengah,” ujar mantan petenis Indonesia ini.