by

YMI: Jangan Ragukan Netralitas TNI-POLRI di Pemilu 2019

-Polhukam-195 views

Jakarta – Deklarator YMI (Youth Movement Institute) Tanggon NM mengajak semua pihak mengapresiasi gelaran Pilkada serentak 2018 yang telah berjalan dengan aman, tertib, lancar dan profesional.

“Pilkada ini berjalan sesuai yang direncanakan oleh penyelenggara pemilu, yakni KPU dan Bawaslu. Tidak ada masalah yang sangat krusial,” ungkap Tanggon, hari ini.

“Ini merupakan suatu bukti nyata akan netralitas TNI-polri di Pilkada serentak,” ujar Tanggon lagi.

Lebih lanjut, Tanggon memuji kesuksesaan TNI-POLRI dalam mengamankan acara Asian Games 2018 di Jakarta maupun di Palembang. Di event kelas Internasional ini Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan jajarannya telah membuktikan amannya Indonesia di mata Internasional dengan pelaksanaan Asian Games.

“Melihat solidnya TNI-POLRI akhir-akhir ini saya percaya Pilpres 2019 nanti TNI-POLRI pasti akan menjaga netralitas mereka dalam pemilu,
momen pemilu ini merupakan kegiatan yang berulang sehingga seluruh komponen bangsa harus menyikapi dengan arif dan bijaksana.
Kita harus percaya kepada panglima TNI dan kapolri yang berkomitmen senantiasa menjaga netralitas di pemilu 2019 nanti,” sebutnya.

Dikatakannya, perihal keikutsertaan beberapa purnawirawan TNI-POLRI mendukung atau menjadi timses salah satu calon adalah hal yang wajar saja karena sudah selesai masa dinasnya.
Menyandang status sebagai purnawirawan berarti memiliki hak yang sama dengan masyarakat sipil lainnya.

“Setiap warga negara memiliki hak dan kesempatan yang sama,” ujarnya.

Disebutkannya, menjelang Pilpres 2019 nanti mungkin akan bermunculanan nanti fenomena perang isu, atau oknum-oknum yang mencari panggung terkait isu netralitas aparat. dan ia menilai masyarakat hari ini sudah
selektif, pintar dan cerdas menyikapi isu-isu yang beredar.

“Saya yakin masyarakat sekarang sudah bisa mencerna kebenaran isi berita yang masuk akal atau tidak, ada bukti kongrit atau tidak,” jelasnya.

“Saya optimis Netralitas TNI-POLRI dalam pemilu 2019 adalah final dan tidak perlu diperdebatkan atau diragukan lagi. Kami juga mendorong TNI-POLRI dalam upaya penegakan kualitas demokrasi pada Pilpres 2019 nanti agar pemilu bisa berjalan aman dan kondusif,” tandasnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed