by

Penolakan Neno Warisman di Pekanbaru, Polda Riau Tegaskan Polisi Tak Berpolitik Tapi Jaga Kamtibmas !

-Polhukam-313 views

Riau – Penolakan Neno Warisman di bandara Pekanbaru bukan pertama kali. Sebelumnya, Neno juga pernah ditolak di bandara Batam. Bahkan gerakan hastag 2019 Ganti Presiden juga ditolak di Surabaya.

Pada Sabtu malam, 28 Juli 2018, situasi Bandara Hang Nadim Batam mencekam, Neno ditolak datang menghadiri deklarasi #2019GantiPresiden. Massa pro dan kontra tumpah ruah dan keadaan menjadi tidak kondusif.

Pihak Polda Riau pun membantah tudingan-tudingan miring terkait langkah-langkah Kepolisian yang dinilai kurang profesional. Justru kehadiran TNI/Polri untuk menjaga situasi kamtibmas di tengah-tengah situasi yang cukup memanas antara massa pro dan kontra di bumi lancang miring.

“Terkait permasalahan tadi malam antara pro dan kontra terkait keberadaan Sdri. Neno Warisman di Kota Pekanbaru yaitu bahwasanya keberadaan kami bersama dengan TNI tidak lain semata-mata untuk menjaga situasi Kamtibmas,” ungkap Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto, saat jumpa pers di Mapolda Riau, Minggu (26/8/2018).

Lebih lanjut, Sunarto mengajak semua pihak bukan hanya aparat keamanan saja melainkan semua unsur masyarakat untuk bersama-sama menjaga kamtibmas di wilayah masing-masing guna mendukung Pemilihan Legislatif (PiLeg), maupun Pemilihan Presiden (PilPres) agar berjalan lancar.

“Kami melakukan semua ini semata-mata bukan karena politik melainkan untuk menjaga keamanan masyarakat banyak,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Propam Polda Riau Kombes Agus Sutrisno mengatakan pihaknya bersama TNI adalah petugas keamanan yang senantiasa mengamankan semua masyarakat agar menghindari terjadinya perbuatan anarkis yang dapat merugikan diri orang banyak.

“Kami selaku aparat penegak hukum berharap kepada semua masyarakat agar ikut juga berpartisipasi untuk menjaga Kamtibmas,” kata dia lagi.

Sunarto menjelaskan pihaknya yang akhirnya tidak memberikan izin aksi gerakan #2019GantiPresiden di Pekanbaru. Pasalnya, pihak Kepolisian tidak ingin terjadi tindak kekerasan antara pro dan kontra saat di lapangan.

“Kami mengambil langkah untuk mengatasi agar tidak terjadi gangguan keamanan. Dan itu masuk otoritas keamanan Bandara,” pungkasnya.

Comment

News Feed